September 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Doa Bersama Jelang Puasa Ramadhan 1442 H

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – Digelar di aula gedung serbaguna, KPU Kabupaten Blitar menggelar acara doa bersama menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, atau yang biasa disebut Megengan. Kegiatan berlangsung pada hari senin (12/4) tepat sehari sebelum memasuki bulan Ramadhan. Kegiatan berlangsung khidmat dan dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa, Anggota, Sekretaris, serta seluruh staf sekretariat KPU Kabupaten Blitar. Kegiatan megengan juga dihadiri oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat di lingkungan sekitar KPU Kabupaten Blitar.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa, menyampaikan bahwa megengan ini mengajarkan umat untuk menahan diri, dan bisa memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan baik. “Megengan ini kan sudah diajarkan oleh para leluhur kita. Megengan ini artinya menahan diri, mengajarkan kita untuk bisa menahan diri. Yuk, kita menghadapi puasa, mari kita bersama sama menahan diri dan bisa memanfaatkan bulan puasa ini sebaik-baiknya.” Ujarnya.

Dikutip dari laman Wikipedia, Adapun  kata megengan diambil dari bahasa Jawa yang artinya menahan. Ini merupakan suatu peringatan bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa, yaitu menahan untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat menggugurkan ibadah puasa tersebut. (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram