September 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Hari Kartini, Semangat Emansipasi untuk Memajukan Bangsa

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini.  Dikutip dari laman Wikipedia, R.A. Kartini, atau Raden Ajeng Kartini merupakan seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara. Dipilihnya tanggal 21 April dikarenakan merupakan tanggal kelahiran dari R.A.Kartini, yaitu 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah.

Sosok R.A.Kartini menjadi inspirasi banyak perempuan di Indonesia dikarenakan semangat emansipasinya. Emansipasi adalah proses pelepasan diri dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk maju. Maka dari itu, R.A. Kartini dahulu mendirikan sekolah wanita agar para perempuan dapat memperoleh kebebasan, otonomi, dan persamaan hukum.

Dalam momen menyambut hari Kartini, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Blitar, Nikmatus Sholihah, berpesan agar perempuan mampu dan bisa berbuat untuk diri, keluarga dan bangsa. “Menjadi perempuan bukanlah menjadi sesalan, bukan pula menjadi kebanggaan. Namun menjadi tantangan, bahwa perempuan mampu dan bisa berbuat untuk diri, keluarga dan bangsanya. Selamat Hari Kartini.” ujarnya. Selain itu, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Blitar, Ruli Kustatik, juga menyampaikan bahwa perempuan harus berdaya dan menjadi perempuan berkemajuan. “Kartini menginspirasi perempuan untuk berdaya dan menjunjung tinggi kesetaraan di segala bidang. Perempuan berdaya, perempuan berkemajuan. Selamat hari Kartini.” paparnya. (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram