September 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Samakan Persepsi Data Pemilih Melalui Rakor Pemutakhiran DPB

Jakarta, kpu.blitarkab.go.id – Data pemilih merupakan salah satu hal penting untuk menjamin hak pilih warga negara pada pemilu maupun pemilihan kepala daerah. Keakuratan dan kemutakhiran menjadi isu krusial dalam data pemilih. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu di amanatkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan.

Menurut Anggota KPU Viryan, ada 3 substansi yang harus dilakukan KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota dalam melakukan pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) yaitu pertama optimalisasi publikasi dengan membuat rilis, media masa lokal (cetak dan elektronik), kedua berinteraksi dengan penyelenggara badan ad hoc sebelumnya untuk melakukan verifikasi dan ketiga berkoordinasi dengan stakeholder 3 bulan sekali.

Hal tersebut diungkapkan Viryan dalam Rapat Sosialisasi Surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tentang Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 dalam melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan Tahun 2021 secara daring, Jumat (23/4/2021).

Rapat sosialisasi ini dilakukan agar pemahaman jajaran KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota mempunyai persepsi yang sama terhadap Surat Ketua KPU Nomor 366 ini. Viryan juga mengharapkan adanya masukan dari KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota sebagai bahan awal dari PKPU mengenai pemilih berkelanjutan. (humas kpu ri ajeng/foto: ajeng/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram