September 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Data Pemilih KPU Siap Bantu Program Hibah KemenKop UKM

Jakarta, kpu.blitarkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKop UKM RI) menandatangani Nota Kesepahaman tentang Dukungan Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Perjanjian Kerja Sama tentang Pemanfaatan Data Pemilih pada Pemilu dan Pemilihan untuk Pendataan Sasaran Pelaksanaan Bantuan Pemerintah bagi Pelaku Usaha Mikro, di Ruang Sidang Utama (RSU), Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Nota Kesepahaman ditandatangani langsung Ketua KPU RI, Ilham Saputra bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang pemanfaatan data pemilih pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk pendataan sasaran pelaksanaan bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro oleh Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno dan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim.

Dalam sambutannya, Ketua KPU RI, Ilham Saputra menyampaikan kesiapan KPU dalam membantu KemenKop UKM menyediakan data pemilih yang valid dan mutakhir. 

“Kami terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemenkop yang sudah mempercayakan kepada kami untuk membantu pelaksanaan proses bantuan bagi teman-teman UKM, ini bagus sekali bulan Ramadan tentu akan sangat baik kami dari KPU mendapat pahala karena memberikan data yang lengkap kepada Kemenkop,” ungkap Ilham usai penandatanganan nota kesepahaman.

Ilham menambahkan, penandatanganan kali ini merupakan kali ketiga lembaganya menerima permohonan data pemilih dari lembaga lain. Sebelumnya, KPU telah juga menandatangani nota kesepahaman serupa untuk mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19 secara nasional kemudian KPU juga mendukung sejumlah daerah melalui pemerintah daerah ingin menggunakan basis data DPT dalam mendukung Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

“Kementerian manapun institusi manapun, kami terbuka untuk memintakan data kepada kami untuk digunakan kepada kami untuk program nasional lainnya,” pungkas Ilham

Sementara itu Teten menyampaikan terima kasih kepada KPU atas dukungannya terhadap program hibah yang tengah dicanangkan. Teten mengaku banyak mendengar kualitas data yang dimiliki KPU membantu program-program lembaga atau institusi lain.

“Kami ingin ucapkan terima kasih kepada KPU, mungkin banyak yang bertanya kenapa Kementerian Koperasi bekerja sama dengan KPU, kami ada program memberikan hibah by name by address Kemenkop belum memiliki data yang terintegrasi, supaya tepat sasaran kami dengar KPU punya data yang sangat bagus, karena itu kami terima kasih dan nanti kami cocokan. Kerumitan kami namanya benar NIK-nya beda, nah kami sangat tertolong sekali tahun ini ada 12,8 juta yang akan kami transfer by name by address kami ingin tepat sasaran karena itu kerjasama ini akan sangat membantu.” jelas Teten. (humas kpu ri bil/foto: sm-dom/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram