October 20, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Jaga Disiplin, Persiapkan Diri Hadapi Pemilu dan Pemilihan 2024

Jakarta, kpu.blitarkab.go.id – Pemilu dan Pemilihan 2024 akan berlangsung kurang lebih tiga tahun lagi. Meski demikian, menghitung tahapan yang akan dimulai 30 bulan sebelum pemungutan suara maka proses demokrasi serentak di tahun yang sama praktis akan berjalan tidak lama lagi.

Berangkat dari hal tersebut, pada Selasa (18/5/2021), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar apel pengarahan umum kepada pejabat struktural dan fungsional di lingkungan sekretariat jenderal. Pengarahan disampaikan Ketua KPU RI Ilham Saputra serta Sekjen KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno.

Dalam pengarahannya, Ilham Saputra mengajak pejabat struktural dan fungsional untuk menjaga disiplin dan soliditas. Kedisiplinan dan soliditas menurut menjadi syarat suksesnya tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024 yang akan berjalan lebih rumit dari sebelumnya. “Kalau kita tidak disiplin, solid, ini berbahaya sekali terhadap kondisi pelaksanaan pemilu dan pemilihan,” ujar Ilham.
Ilham juga menekankan pentingnya komunikasi antar biro. Dia tidak ingin ada anggapan satu bagian menonjol di antara yang lain.

Pria asal Aceh juga mengajak semua untuk berkonsentrasi pada tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. “Kita ini KPU, institusi penyelenggara pemilu dengan jumlah pemilih ratusan juta,” tegas Ilham.

Senada, Bernad Dermawan Sutrisno mengawali pesan apel dengan mengajak jajaran sekretariat untuk kembali pada niat awal menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja untuk kepentingan bangsa dan negara. Dia juga mengatakan bahwa hakikat bekerja sesungguhnya adalah ibadah dan mencari nafkah yang halal untuk keluarga. “Keempat, niat kita sebagai warga negara, anda berada disini, berada di lembaga penyelenggara pemilu adalah melayani kepada seluruh warga untuk menggunakan hak konstitusional,” tuturnya. Pesan lain yang juga disampaikan pada apel pertama sejak masa pandemi ini adalah tetap teguh menjaga integritas, tidak bosan mengembangkan inovasi dan menjadi pemimpin yang patut dicontoh bagi semua. “Kemudian yang saya ingatkan juga keberadaan kita, sekretariat adalah kita berada disini memberikan dukungan teknis dan administrasi artinya hanya tagline melayani kepentingan hak konstitusional warga tapi juga melayani KPU, ketua dan anggota,” tutupnya. (humas kpu ri dianR/foto: ieam-jap/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram