June 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Gandeng BSSN dan Garuda Indonesia, KPU Harap Jaminan Keamanan Data dan Logistik

Jakarta, kpu.blitarkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menjalin kerja sama saling menguntungkan dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI serta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Rabu (2/6/2021).

Kerja sama yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) ditandatangani langsung Ketua KPU RI Ilham Saputra, Sekretaris Utama (Sestama) BSSN, Syahrul Mubarak serta Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra.

Ilham Saputra pada sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan instansi dan BUMN untuk kerja-kerja kepemiluan yang dijalankan KPU. Dia berharap melalui kerja sama saling menguntungkan ini bisa semakin memovitasi kerja yang dilakukan KPU, BSSN maupun PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. “Saya kira ingin penting dalam hal saling mensupport satu sama lain untuk pekerjaan masing-masing,” ucap Ilham.

Ilham mengungkapkan, kerja sama dengan BSSN RI dapat diwujudkan dengan peningkatan kualitas informasi dan transaksi elektronik. Terlebih pengalaman di Pemilu 2019, KPU sempat mendapat serangan siber terutama ke sejumlah sistem informasi yang dimiliki KPU.

Hasil kerja sama lain yang juga diharapkan dari penandatanganan nota kesepahaman dengan BSSN ini adalah pemanfaatan tandatangan elektronik yang menurut Ilham juga dapat digunakan oleh petugas badan ad hoc, khususnya ketika menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). “Badan ad hoc dari kecamatan, desa sampai TPS. Sehingga ketika Sirekap itu tidak banyak tandatangan dokumen tinggal menggunakan sistem tandatangan tadi,” tambah Ilham.

Merespon harapan KPU, Syahrul Mubarak yang datang mewakili Kepala BSSN Hinsa Siburian mendukung langkah KPU yang konsen terhadap perlindungan data dan informasi elektronik. Terlebih saat membacakan sambutan Kepala BSSN, terungkap pada 2020, ada 495 juta serangan yang berhasil didetiksi BSSN. “Jumlah ini dua kali dibandingkan jumlah serangan pada 2019,” ucap Syahrul.

Terkait harapan KPU untuk dapat menggunakan tandatangan elektronik guna mendukung kerja badan ad hoc, Syahrul juga memastikan lembaganya berkomitmen untuk mendukung tugas pekerjaan yang dilakukan KPU secara optimal. “Ini adalah bentuk dukungan BSSN terhadap aspek keamanan informasi penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui pemanfaatan sertifikat elektronik oleh balai sertifikasi elektronik BSSN,” tutur Syahrul.

Senada, Irfan Setiaputra berterima kasih dengan kerja sama yang terjalin antara PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan KPU RI. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, perusahaannya bangga karena KPU tetap memberikan kepercayaan penuh untuk menggunakan produk dan layanan Garuda Indonesia. “Tentu saja sinergi yang dibangun di atas trust dan dedikasi untuk bangsa, tidak saja bertujuan meningkatkan peran dan potensi kedua belah pihak,” ungkapnya.

Irfan juga meyakini, sinergi yang disebutnya sebagai “Kerja Sama Merah Putih” akan memberi kontribusi positif terhadap terwujudnya Indonesia yang kuat, berdaulat, melalui penyelenggaraan pemilu yang luber serta jujur dan adil. “Oleh karenanya, besar harapan kami dengan nota kesepahaman ini tidak hanya dapat menjawab kebutuhan KPU terhadap layanan penerbangan yang nyaman khususnya kenormalan baru, namun juga menjaga pilar optimisme kita semua ditengah masa yang penuh tantangan ini,”  tutup Irfan. (humas kpu ri dianR/foto: dosen-ieam/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram