August 1, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Kelola Uang Rakyat Secara Transparan dan Akuntabel

Padang, kpu.blitarkab.go.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra hadir mengikuti jalannya penyerahan Laporan Hasil Pemilihan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun 2020 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2020 serta Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester II Tahun 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, di Istana Negara, secara daring Jumat (25/6).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, mengawali sambutan dengan mengingatkan masih berlangsungnya pandemi di Tanah Air. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kemudian meminta kepada Kementerian/Lembaga untuk cermat dalam menggunakan anggaran yang dimiliki. 

Terkait hasil pemeriksaan BPK, presiden juga menegaskan predikat WTP bukanlah tujuan akhir dari proses penggunaan hingga pelaporan anggaran, karena yang terpenting menurut dia adalah menggunakan anggaran yang ada tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat. “Karena kita ingin mempergunakan uang rakyat dengan sebaik-baiknya, dikelola dengan transparan dan akuntabel. Kualitas belanja semakin baik, makin tepat sasaran memastikan setiap rupiah yang dibelanjakan betul2 betul dirasakan manfaatnya oleh rakyat,” kata Jokowi.

Terakhir, Presiden Jokowi meminta kepada menteri, kepala lembaga serta kepala daerah untuk patuh pada semua rekomendasi BPK. “Ditindaklanjuti dan diselesaikan,” tutup Jokowi.

Sebelumnya Kepala BPK Agung Firman Sampurna menyampaikan laporan kepada presiden terkait pelaporan LHP LKPP dan IHPS Semester II Tahun 2020. (humas kpu ri dianR/foto: dianR/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram