August 1, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Bahas Pengusulan dan Penataan Dapil, KPU Kabupaten Blitar Ikuti Kegiatan Kelas Teknis Perdana Menyongsong 2024

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – Digelar secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting, KPU Kabupaten Blitar mengikuti kelas teknis menyongsong 2024 perdana yang digelar oleh KPU Provinsi Jawa Timur (15/7//2021). Kegiatan tersebut melibatkan Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Timur beserta KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Turut hadir dari KPU Kabupaten Blitar yaitu Komisioner KPU divisi Teknis, Nikmatus Sholihah, dan Staf Subbag Teknis dan Hupmas, Artina Vita N.

Adapun pemateri dalam hari perdana Kelas Teknis tersebut adalah dari Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sidoarjo, Miftahur Rahmah dengan menyampaikan materi Pengusulan dan Penataan Dapil Anggota DPRD Kabupaten/Kota dan Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Pasuruan, Helmi dengan membawakan materi Memoar Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dalam Pemilu 2019 dan Persiapan Pemilu 2024. Kegiatan berlangsung secara interaktif.

Dalam sesi pertama, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sidoarjo, Miftahur Rahmah menyampaikan bahwa dalam penyusunan dan penataan dapil harus memperhatikan prinsip-prinsip. “Kita dalam melakukan penataan dapil harus berpedoman pada 7 prinsip, yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama (coterminus), kohesivitas, dan kesinambungan,” ujarnya.

Follow by Email
YouTube
Instagram