September 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Verifikasi Partai Politik dan Anggota DPD menjadi Topik Bahasan Kegiatan Kelas Teknis Pertemuan ke-2

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – KPU Kabupaten Blitar mengikuti kegiatan kelas teknis yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur (22/7). Kegiatan tersebut merupakan pertemuan ke-2 yang diikuti oleh divisi teknis KPU Kabupaten/kota se-Jawa Timur. Adapun peserta dari KPU Kabupaten Blitar yaitu Anggota KPU Divisi Teknis, Nikmatus Sholihah, Subkoordinator Teknis dan Hupmas, M. Burhanudin dan seluruh staf subbag Teknis.

Adapun tema dalam Kelas Teknis Pertemuan ke-2 yaitu Verifikasi Partai Politik dan Anggota DPD dengan narasumber dari Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kab. Bojonegoro, Fatma Lestari dengan materi Pendaftaran, Penelitian Administrasi/Verifikasi Partai Politik Tingkat Kabupaten/Kota, dan KPU Kab. Ngawi, Aman Ridho dengan materi Dinamika Pendaftaran dan Verifikasi Parpol menuju Kontestan Peserta Pemilu, serta dimoderatori oleh Sub Koordinator Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Bojonegoro, Pinardi.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan, Fatma memfokuskan pada tahapan pendaftaran, penelitian dan verifikasi Partai Politik Pemilu tingkat kabupaten/kota sebagaimana yang telah tercantum dalam Peraturan KPU RI nomor 6 Tahun 2018. Sementara itu Aman Ridho memaparkan berbagai macam dinamika pendaftaran dan verifikasi partai politik menuju kontestan peserta pemilu.

Kegiatan kelas teknis berlangsung secara interaktif serta banyak tanya jawab / diskusi yang berlangsung setelah pemaparan materi tersebut. Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur, Insan Qoriawan menyampaikan perspektig menyangkut persoalan terhadap materi kajian pemilu pada kelas teknis. “Skemanya adalah, kita saling diskusi, tanya jawab, sehingga nanti akan muncul ide atau gagasan baru” ujar Insan.

Selain itu, Insan menambahkan bahwa sebagai penyelenggara pemilu harus siap dalam berbagai kondisi dilapangan. “Sebagai penyelenggara harus siap di berbagai kondisi, tidak terkecuali saat masuk tahapan pendaftaran partai politik pada penyelenggaraan pemilu 2024.” pungkasnya.

Adapun kegiatan berlangsung selama 3 Jam dimulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB dan berjalan lancar dan interaktif. (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram