October 20, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Kelas Teknis Pertemuan Ke-5, Bahas Penghitungan Suara Pemilu

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – Awal bulan Agustus, KPU Kabupaten Blitar kembali mengikuti kegiatan Kelas Teknis yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur (3/8). Kegiatan yang diikuti oleh divisi Teknis KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dilaksanakan melalui media daring (Aplikasi zoom meeting). Hadir dari KPU Kabupaten Blitar, Nikmatus Sholihah, Divisi Teknis Penyelenggaraan, dan M. Burhanudin, Subkoordinator Tekmas.

Kegiatan Kelas Teknis pada pertemuan ke-5 mengusung tema Penghitungan Suara Pemilu dengan narasumber dari Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Malang, Deny Bachtiar dan KPU Kabupaten Malang, Nurhasin, serta dimoderatori oleh Sub Koordinator Teknis dan Hupmas KPU Kab. Malang, Bobby. Sebagai narasumber pertama, Divisi Teknis KPU Kota Malang Deny Bachtiar menjelaskan tentang bagaimana cara pengisian Formulir Model C dalam Penghitungan Suara Pemilu, mulai dari pengenalan formulir model C, kendala dalam pengisian hingga solusi dalam menyelesaikan permasalahannya. Lanjut narasumber ke-2, Divisi Teknis KPU Kabupaten Malang, Nurhasin menyampaikan tentang penggunaan teknologi SIREKAP pada tahapan penghitungan suara, mulai dari tahapan penggunaan SIREKAP, Alur data SIREKAP Mobile hingga tata cara penggunaan SIREKAP Mobile.

Setelah pemaparan dari masing-masing narasumber, Divisi Teknis KPU Jawa Timur, Insan Qoriawan memberikan tanggapan dan apresiasinya. Selain itu, Insan juga menyampaikan bahwa dalam rangka mempersiapkan Pemilu di tahun 2024, memang menjadi tantangan dalam membangun sistem yang mampu mengkoordinir semua kebutuhan teknis pemungutan dan penghitungan yang dikemas dalam satu aplikasi. “Aplikasi yang mudah dipahami, mudah digunakan dan informatif bagi publik,” terangnya. (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram