October 20, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Diskusi Dinamika Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu dal Kelas Teknis Pertemuan ke-6

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – 2 hari setelah Kelas Teknis ke-5 KPU Kabupaten Blitar mengikuti Kelas Teknis pertemuan ke-6 yang diselenggarakan oleh KPU Jatim (5/8). Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom tersebut diikuti oleh divisi Teknis KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Hadir dari KPU Kabupaten Blitar, Divisi Teknis, Nikmatus Sholihah dan Sub Koordinator Teknis dan Hupmas, M. Burhanudin.

Kegiatan dimoderatori oleh staf subbagian teknis dan hupmas KPU Kota Blitar, One Amalia Asna. Ada 2 Narasumber yang mengisi kegiatan kelas teknis Tersebut. Divisi Teknis KPU Kota Blitar, Hernawan M. Khabib menjadi narasumber pertama dengan membawa materi tentang perjalanan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu dan lika-liku di masa pandemi. Menurut Khabib, dalam pelaksanaan pemilu 2024 nanti, ada hal-hal yang perlu diupayakan seperti penyederhanaan form administrasi pemilu, adanya alat bantu berbasis teknologi disaat rekapitulasi, adanya support anggaran, dan dukungan dari berbagai pihak. Selanjutnya, dalam narasumber yang kedua, Divisi Teknis KPU Kabupaten Pacitan, Agus Susanto menyampaikan tentang proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten/kota, mulai dari pengenalan beberapa jenis model form DB dalam rekapitulasi, pelaksanaan hingga penyelesaian keberatan atas hasil rekapitulasi.

Sesi terakhir dalam kegiatan kelas teknis dilanjutkan dengan diskusi, tanggapan serta berbagi pengalaman antara narasumber dan peserta yang mengikuti kelas teknis tersebut. (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram