September 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Meningkatkan Tingkat Partisipasi Pemilih dalam Pemilu dan Pemilihan melalui Fasilitasi Pendidikan Pemilih

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, KPU Kabupaten Blitar melaksanakan kegiatan fasilitasi Pendidikan pemilih tahun 2021 di Desa Gaprang, Kecamatan Kanigoro (25/8). Fasilitasi Pendidikan pemilih dihadiri oleh perwakilan RW di desa tersebut. Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kabupaten Blitar, M. Bahaudin dan Kepala Desa Gaprang, Asharul Fahruda.

Kepala Desa Gaprang, Asharul Fahruda mengungkapkan alasan mengenai angka partisipasi masyarakat di desanya. “Ada berbagai latar belakang yang mempengaruhi tingkat partisipasi dalam pemilu disini, salah satunya adalah alasan pekerjaan, yang mengharuskan mereka bekerja dan tidak bisa ditinggalkan” Ujarnya.

Selanjutnya, Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Sosdiklih Parmas, Bahaudin, menyampaikan harapannya diselenggarakan pendidikan pemilih tersebut. “Jangka pendeknya adanya peningkatan partisipasi, berkurangnya pragmatisme pemilih, Suara tidak sah pemilih rendah, serta Berkembangnya komunitas peduli pemilu dan demokrasi. Dan jangka panjangnya bisa Meningkatnya tingkat literasi politik warganegara; Meningkatnya keterlibatan warganegara dalam wilayah publik dan meningkatnya voluntarisme warga negara dalam proses politik.” ujarnya

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Gaprang tetap memperhatikan standar protokol Kesehatan dengan memakai masker dan membatasi jumlah peserta yang bertujuan menghindari kerumunan. (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram