September 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Kelas Teknis ke-11, Kupas Materi Pengusulan Dapil dan Alokasi Kursi

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – Kelas Teknis yang diselenggarakan oleh KPU Jatim memasuki pertemuan ke-11 pada hari Kamis (26/8). Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom diikuti oleh divisi Teknis KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Hadir dari KPU Kabupaten Blitar, Divisi Teknis, Nikmatus Sholihah dan Sub Koordinator Teknis dan Hupmas, M. Burhanudin.

Pada pertemuan ke-11 ini, kegiatan kelas teknis mengusung 2 materi, Mengenal Prinsip Penataan Dapil dan Garry Mandering disampaikan oleh Upik R.H., Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Kota Probolinggo, dan Analisis Perbandingan Metode Pembagian Kursi dengan Pendekatan Equal Suffrage yang disampaikan oleh M. Amiruddin, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Kabupaten Pamekasan. Adapun kegiatan tersebut dimoderatori oleh Sub Koordinator Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Pamekasan, Hendrian Haswara Bayu.

Setelah penyampaian materi dari kedua narasumber, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, serta penyampaian dari Divisi Teknis KPU Jatim, Insan Qoriawan. Dalam paparannya, Insan menyampaikan bahwa dalam pentaan dan pengusulan dapil untuk dikaji masing masing sekretariat KPU Kabupaten/Kota. “dalam pentaan dapil, ya silahkan untuk dikaji masing-masing, sesuaikan dengan kondisi masing-masing, keputusan untuk mereview atau tidak mereview, kembali kepada pleno kabupaten/kota, yang jelas tahapan ini ada dalam pemilu, tahapan yang tidak boleh dilewati dan bukan hanya sekedar formalitas belaka, dan betul-betul melalui kajian komprehensif.” Ujarnya (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram