September 24, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Hadiri RDP, KPU RI Sampaikan Draf Jadwal Tahapan Pemilu 2024

Jakarta, kpu.blitarkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) hadir mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang diselenggarakan Komisi II DPR bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Senin (6/9/2021).

Rapat beragendakan mendengar pemaparan masing-masing lembaga dalam kesiapan menyelenggarakan Pemilu 2024. Sebelumnya tim kerja bersama (Komisi II, Kemendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP) menyusun konsep/desain Pemilu 2024 dengan tingkat kerumitan yang akan dihadapi. KPU dalam kesempatan ini menyampaikan opsi tanggal pelaksanaan Pemilihan Umum (Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD) pada 21 Februari 2024 melalui banyak pertimbangan salah satunya irisan tahapan sengketa pemilihan.

 “KPU mengusulkan tanggal Pemilu Nasional 21 Februari 2024, dengan pertimbangan memberikan waktu yang memadai untuk menyelesaikan sengketa hasil pemilu dan penetapan hasil pemilu dengan jadwal pencalonan pemilihan,” ujar Ketua KPU Ilham Saputra.

Selain tahapan yang beririsan, KPU menurut Ilham juga mempertimbangkan kursi/suara partai politik yang disyaratkan sesuai Undang-undang Pemillihan, beban kerja badan ad hoc dan pertimbangan hari keagamaan. Atas dasar itu jugalah untuk Pemilihan Serentak (Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah) diusulkan dilaksanakan pada 27 November 2024 dengan masa tahapan selama 25 Bulan sebelum hari pemungutan suara.

Terakhir Ilham berharap Komisi II DPR RI dapat segera menetapkan hari H pelaksanaan pemilu dan pemilihan yang telah diusulkan, mengingat banyaknya hal yang harus dipersiapkan, meskipun pada desain yang KPU sampaikan pembahasan peraturan perundangan undangan akan dilaksanakan pada Januari 2022.

“Terkait persiapan pemilu dan pemilihan ini tentu akan lebih baik jika persetujuan untuk menetapkan pemilu dan pemilihan dipercepat, karena banyak hal yang perlu dipersiapkan walaupun apabila dilihat dari perhitungan kita, untuk persiapan Peraturan KPU dimulai pada Januari 2022,” tambah Ilham.

Senada, Ketua DKPP, Muhammad berharap PKPU terkait jadwal tahapan pemilu bisa segera ditetapkan sehingga para penyelenggara dapat melakukan persiapan dengan baik. “DKPP mendukung segala rencana dan kesepakatan yang telah diambil oleh tim yang telah dibentuk dan DKPP juga mendorong supaya segera ditetapkannya jadwal tahapan pemilu supaya semakin banyak space bagi penyelenggara untuk mempersiapkan dengan baik,” ucap Muhammad
    
Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia yang juga memimpin jalannya rapat mengapresiasi kesiapan KPU. 

Turut hadir pada RDP ini, Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Viryan, Arief Budiman, Hasyim As’yari dan Pramono Ubaid Tanthowi serta Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno, Ketua Bawaslu RI Abhan dan Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Suhajar. (humas kpu ri domin/foto: hilvan/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram