November 28, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Perempuan dan Demokrasi, Tema Bahasan Pendidikan Pemilih Bersama Kader Perempuan Organisasi Mahasiswa

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – KPU Kabupaten Blitar kembali menggelar kegiatan pendidikan pemilih tahun 2021 sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pemilihan. Kegiatan pendidikan pemilih dengan tema Perempuan dan Demokrasi dilaksanakan dengan mengundang kader perempuan dari organisasi mahasiswa di Blitar yaitu GMNI, HMI, PMII dan IMM. Kegiatan pendidikan pemilih dilaksankaan di pendopo Pemuda Pinus Desa Sekardangan, Kanigoro (23/9). Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa. Dalam pemaparannya. Hadi menyampaikan tentang perkembangan informasi terkait persiapan pemilu dan pemilihan selanjutnya serta mengajak untuk bekerjasama dalam mensukseskan pemilu dan pemilihan di tahun 2024. “Dan tentunya kita butuh kerjasama dengan semua pihak, diantaranya dari organisasi kemahasiswaan, harapannya nanti di pemilu 2024 dapat ikut berpartisipasi dalam proses penyelenggaraan atau pelaksanaan implementasi demokrasi di Kabupaten Blitar” ujarnya.

Hadir sebagai Narasumber peneliti dan sekaligus dosen FISIP Universitas Brawijaya Wawan Sobari, dan Anggota Komisioner KPU Kabupaten Blitar, Ruli Kustatik. Dalam pemaparannya, Anggota Komisioner KPU Kabupaten Blitar, Ruli Kustatik menyampaikan tentang makna perempuan dan demokrasi dilihat dari ragam partisipasi, dari untuk dan oleh rakyat, hak dasar perempuan, memilih dan dipilih dan semakin kuat politik perempuan yang afirmatif. Selanjutnya, Dosen FISIP Universitas Brawijaya, Wawan Sobari, menyampaikan tentang pemenuhan keterwakilan dan hak-hak perempuan seperti hak sipil, hak politik dan hak sosial.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di pendopo pemuda pinus dari pukul 09.00 WIB tetap memperhatikan standar protokol kesehatan dengan memakai masker dan membatasi jumlah peserta yang bertujuan menghindari kerumunan. (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram