November 27, 2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Simulasi 2 Desain Surat Suara, Ikhtiar KPU Sederhanakan Pemilu 2024

Manado, kpu.blitarkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bekerja sama dengan KPU Provinsi Sulawesi Utara serta KPU kab/kota se-Sulawesi Utara menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pada Penyederhanaan Desain Surat Suara serta Formulir Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, Sabtu (20/11/2021).

Pada simulasi tahap pertama yang bertempat di Halaman Kantor KPU Sulawesi Utara ini, KPU mengujicoba dua desain surat suara, yakni dua surat suara terdiri dari surat suara Pemilihan DPD dan surat suara gabungan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPR, DPRD provinsi dan DPRD kab/kota), serta tiga surat suara terdiri dari surat suara DPD, surat suara gabungan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan DPR, serta surat suara gabungan DPRD provinsi dan DPRD kab/kota.

Bertindak selaku Ketua dan Anggota KPPS, Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara dan Ketua dan Anggota KPU kab/kota se-Sulawesi Utara serta jajaran sekretaris. Dengan para pemilih sebanyak 100 orang berasal dari penyelenggara pemilu, pemerhati pemilu, mahasiswa dan stakeholder lainnya.

Ketua KPU RI Ilham Saputra saat membuka kegiatan simulasi mengatakan tujuan dari acara ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan masukan atas desain surat suara yang telah dibuat. Menurut dia, penyederhanaan desain surat suara dan formulir adalah upaya KPU mengefektifkan proses pemungutan dan penghitungan suara yang pada Pemilu 2019 lalu menimbulkan banyak permasalahan baik untuk pemilih maupun penyelenggara. “Tentu ini menjadi ikhtiar kami bagaimana mempermudah pelaksanaan pemungutan suara, bagaimana mempermudah penghitungan suara,” kata Ilham.

Ilham juga berharap dari hasil evaluasi kegiatan nanti dapat menjadi pegangan bagi KPU saat menyampaikan rencana penyederhanaan surat suara ini kepada DPR maupun pemerintah. Menurut dia segala yang dilakukan KPU ini adalah upaya antisipatif agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan baik dan lancar. “Tujuannya sekali lagi memudahkan petugas kami, pemilih, mengadministrasikan hasil penghitungan suara agar pemilunya lebih baik, lebih mudah,” tutup Ilham.

Hadir juga memberikan sambutan Ketua Bawaslu RI, Abhan, memberikan penjelasan terkait teknis simulasi Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu Melgia Carolina Van Harling, serta ucapan selamat datang dari Ketua KPU Sulawesi Utara Ardiles Mewoh. Turut hadir Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Pramono Ubaid Tanthowi, Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima, Kepala Biro Pusat Pengembangan dan Pelatihan (Kapuslatlitbang) KPU RI Lucky Firnandy Majanto serta Kepala Biro Logistik Asep Suhlan. (humas kpu ri dianR/foto: dianR/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram