May 16, 2022

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Uji Efektivitas Tiga dan Satu Surat Suara Pemilu 2024

Denpasar, kpu.blitarkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan Desain Surat Suara dan Formulir yang disederhanakan untuk Pemilu 2024, di Denpasar, Bali, Kamis (2/12/2021).

Sedikit berbeda dengan simulasi tahap I, yang digelar di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu 20 November 2021, pada simulasi tahap II, yang mengikutsertakan KPU Provinsi Bali serta KPU Kab/kota se-Bali ini, KPU RI juga mengujicoba surat suara hasil penyederhanaan 5 jenis pemilihan, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Anggota DPR, Pemilu Anggota DPD, Pemilu Anggota DPRD Provinsi dan Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota, menjadi satu surat suara dan tiga surat suara.

“Rancangan perubahan desain surat suara ini bertujuan untuk dapat menyederhanakan mekanisme penghitungan suara agar beban kerja Petugas KPPS dan waktu penghitungan suara dapat lebih cepat dan mudah. Tentunya perubahan tersebut perlu juga mempertimbangkan kemudahan dari sisi pemilih,” ujar Anggota KPU RI, Arief Budiman. 

Arief berharap kegiatan ini bisa mendapat masukan agar desain surat suara nanti minim kekurangan. Terlebih kegiatan ini juga mengikutsertakan NGO, partai politik, media hingga akademisi di Provinsi Bali. “Simulasi ini akan menjadi bahan kajian kami lebih lanjut untuk menyusun rancangan surat suara dan formulir yang lebih efektif, dan tentunya kebijakan mekanisme tata cara pemungutan dan penghitungan suara,” tambah Arief. 

Hadir juga memberikan sambutan Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, memberikan laporan dan penjelasan teknis simulasi Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu Melgia Carolina Van Harling, serta ucapan selamat datang dari Ketua KPU Provinsi Bali  I Dewa Agung Gede Lidartawan. Turut hadir Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Pramono Ubaid Tanthowi, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Hasyim Asy’ari, Deputi Bidang Administrasi Purwoto Ruslan Hidayat, Kepala Pusat Data informasi  (Kapusdatin) Sumariyandono, Kepala Biro Pusat Pengembangan dan Pelatihan (Kapuslatlitbang) KPU RI Lucky Firnandy Majanto, Kepala Biro Logistik Asep Suhlan, Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Cahyo Ariawan serta Kepala Biro Perundang-Undangan Nur Syarifah. (humas kpu ri james/foto: james/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram