May 16, 2022

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Temui Komite I DPD RI, KPU RI Sampaikan Persiapan Pemilu dan Pemilihan 2024

Jakarta, kpu.blitarkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memenuhi undangan Rapat Kerja (Raker) Bersama Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, di Ruang Brawijaya, Gedung DPD RI, Selasa (7/12/2021). Rapat yang dilaksanakan secara luring dan daring ini membahas Persiapan Penyelenggaran Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang.

Hadir Ketua KPU RI, Ilham Saputra bersama Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari serta Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno. Pada kesempatan ini Ilham memaparkan Persiapan Penyelenggaran Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mulai dari Jadwal Tahapan, Pemutakhiran Data Pemilih, Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana, Anggaran, Tekhnologi Informasi, Logistik hingga Badan Ad Hoc. 

Terkait jadwal tahapan, Ilham menyampaikan usulan KPU dimana pemilu (Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, dan DPRD) direncanakan pada tanggal 21 Februari 2024 dengan pertimbangan bahwa tahapan efisien dan efektif, tahapan tidak menjadi pemicu konflik yang semakin luas, selain itu adanya waktu yang cukup bagi parpol untuk menyiapkan syarat pencalonan untuk pemilihan pada November 2024. Pertimbangan lain kondisi cuaca apabila dilaksanakan pada Januari yang merupakan puncak musim hujan, serta adanya hari libur keagamaan dan nasional.

Adapun untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota direncanakan digelar pada November 2024 sesuai UU No 10 Tahun 2016.

Terkait SDM, KPU menurut Ilham juga mempersiapkan mekanisme pengelolaan  adan ad hoc agar dapat memberikan dukungan yang maksimal dalam kesuksesan setiap tahapan.
Melihat pengalaman beratnya beban kerja badan ad hoc maka KPU juga mengusulkan adanya kenaikan besaran honor bagi bagi mereka utamanya KPPS. “Usulan kenaikan honor bagi badan ad hoc dapat menarik minat dari masyarakat untuk dapat berkontribusi dan berpartisipasi sebagai penyelenggrara sehingga berdampak pada kualitas maupun kuantitas calon,” papar Ilham.

Hal lain yang juga disampaikan terkait pelaksanaan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Yang diharapkan dapat memperkuat kesiapan dan kualitas data pemilih. 

Usai pemaparan, sejumlah anggota Komite I DPD RI memberikan pertanyaan dan masukan untuk KPU RI. Sementara di bagian akhir, Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi membacakan kesimpulan dari rapat kerja yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut.

Pertama, Komite I DPD RI mengapresiasi persiapan KPU RI terkait dengan penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 dan mendorong KPU RI dapat menjalankan kewenangan yang dimiliki sesuai dengan undang-undang untuk segera menyusun dan menetapkan jadwal dan tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024;

Kedua, Komite I DPD RI mendukung usulan KPU RI terkait percepatan tahapan awal persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan mulai bulan Juni 2022;

Ketiga, Komite I DPD RI mendorong KPU RI untuk melakukan persiapan secara cermat, tepat, dan menyeluruh, agar tantangan dan potensi masalah penyelenggaraan pemilihan bias diantisipasi secara dini;

Kempat, Komite I DPD RI sepakat dengan KPU RI untuk mengupayakan kenaikan besaran honor dan jaminan kesehatan bagi Badan Ad Hoc Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024;

“Terakhir Komite I DPD RI meminta KPU RI agar dalam penyusunan PKPU yang berkaitan dengan Pemilihan Anggota DPD RI dapat berkonsultasi dengan DPD RI,” tutup Fachrul. (humas kpu james/ foto: dosen/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram