May 16, 2022

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Webinar Evaluasi Prinsip dan Urgensi Penataan Dapil Pemilu

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – KPU RI menggelar kegiatan webinar yang bertajuk “Evaluasi Prinsip & Urgensi Penataan Dapil Pemilu” secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (10/12). Webinar tersebut diikuti oleh masing-masing satker di lingkungan Provinsi dan Kabuppaten/Kota se-Indonesia. Hadir juga Komisioner KPU Kabupaten Blitar Div. Teknis Penyelenggaraan Nikmatus Sholihah, Div. Sosdiklih Parmas dan SDM Mohammad Bahaudin, serta Sub Koordinator Tekmas Burhanudin.

Kegiatan dibuka oleh Anggota KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi. Dalam arahannya, Pramono menyampaikan bahwa Dapil adalah arena /wilayah tempat perebutan suara dan kursi. Dapil untuk DPR RI dan DPR Prov sudah menjadi lampiran dalam UU Nomor 7 tahun 2017. KPU diberi kewenangan untuk menyusun dan menata dapil ditingkat kabupaten/kota pada pemilu, khususnya pada pemilu 2024, karena UU Pemilu tidak mengalami revisi maka KPU sebagaimana pada Pemilu 2019 lalu berwenang menata dapil untuk DPRD Kabupaten/Kota sehingga perlu memeriksa kembali penataan dapil diwilayahnya masing-masing, jika terdapat masalah maka harus dilakukan penataan. “Penyusunan dapil memiliki dampak yang sangat besar, dan sangat mungkin terjadi kecurangan dalam menyusunan dapil. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi dan peninjauan kembali dalam penyusunan dapil, apakah sudah memenuhi 7 prinsip dapil yang ada atau belum. Kalau sudah tepat tentu tak perlu utak-atik kalau ada persoalan tentu harus menata ulang dapil di kabupaten/kota kita masing-masing,” ujar Pramono. 

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan beberapa Narasumber yang memberikan paparan, diantaranya Guru Besar Unair, Prof. Ramlan Surbakti; Peneliti dan Jurnalis, Harun Husain; Pemerhati Pemilu -Sindikasi, Erik Kurniawan; serta Direktur Eksekutif Perludem, Khoirun Nisa. Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 berlangsung lancar serta antusias dari masing-masing peserta webinar (mhm)

Follow by Email
YouTube
Instagram