May 16, 2022

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BLITAR

Jl. Raya Blitar Malang km 06 Jurang Menjing Kelurahan garum

Perkuat Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pemilu 2024

Jakarta, kpu.blitarkab.go.id – Digitaliasi pemilu menjadi satu aspek yang menjadi fokus Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Pemanfaatan teknologi menjadi sebuah kebutuhan untuk Pemilu mendatang. Hal ini disampaikan Anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi saat membuka Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Pemilu Tahun 2024, di Gedung KPU RI, Kamis (13/1/2022). 

Menurut Dewa, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemilu. Selain itu dapat memudahkan pemilih seperti halnya Sidalih Berkelanjutan mobile. “Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengetahui apakah kita sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum,” ujar Dewa. Tak hanya berfungsi untuk mengecek, tambah Dewa, sistem ini juga dapat digunakan bagi para calon pemilih untuk mendaftarkan dirinya. 

Pada 2021, KPU merumuskan Information Technology Master Plan (ITMP) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Dewa mengatakan  ITMP ini disusun mengacu pada beberapa prinsip seperti akuntabilitas, aksesibilitas, integritas, dan keamanan.

Anggota KPU RI Viryan menjelaskan sosialisasi ini sebagai langkah awal mempersiapkan Pemilu 2024 bersama-sama dengan partai politik, Bawaslu dan DKPP. 

KPU RI sendiri menurut dia sudah merampungkan PKPU nomor 5 tahun 2021 tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai dasar hukum membangun digitalisasi pemilu dalam penyelenggaraan pemilu. Kedua, telah menyelesaikan ITMP 2021-2025 yang memuat rencana TI beserta keamanan yang akan dilakukan.

“Pada aspek teknis dalam digitalisasi yaitu tentang keamanan data center, kami sudah menyelesaikan ISO 27001, terakhir kami membentuk tim tanggap respon terhadap serangan siber atau CSIRT yang akan di launching akhir bulan,” kata Viryan. 

Lebih lanjut Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Setjen KPU RI Sumariyandono menjelaskan ITMP KPU 2021-2025, dimana dari sisi keamanan TI yang diterapkan KPU yakni audit aplikasi, Information Technology System Assessment (ITSA) oleh Badan Siber dan Sandi Negara, perlindungan data pribadi, penerapan ISO 27001:2013, dan pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT), perlindungan data pribadi, penerapan ISO 27001:2013, pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT). 

Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima, Deputi Bidang Administrasi Purwoto Ruslan Hidayat, Kepala Pusdatin Sumariyandono, Kepala Biro Parhumas Cahyo Ariawan, Kepala Biro SDM Wahyu Yudi Wijayanti, serta Kepala Biro Logistik Asep Suhlan dan Inspektur Wilayah II Adiwijaya Bakti, serta jajaran Setjen KPU RI, Perwakilan Partai Politik, Bawaslu dan DKPP. (humas kpu ri tenri/foto dosen-ieam/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram