June 27, 2022

KPU Kabupaten Blitar Ikuti Launching KPU-CSIRT

Blitar, kpu.blitarkab.go.id – KPU Republik Indonesia bekerjasama dengan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) melaunching KPU-CSIRT (Computer Security Incident Response Team), Jumat (21/1). Turut hadir melalui media daring Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa. Menurut paparan BSSN, CSIRT merupakan organisasi/tim yang bertanggungjawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra, menyampaikan bahwa KPU-CSIRT berguna untuk mersespon dan memitigasi jika terjadi insiden siber, sehingga diharapkan penerapan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) pada KPU RI semakin efektif. Selain itu, Ilham juga menambahkan bawa CSIRT juga untuk melindungi data. “KPU-CSIRT sangat penting untuk melindungi data, identitas, dan administrasi sistem kepemiluan dari ancaman kebocoran data” ujarnya.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan launching tersebut, Inspektur Utama Nanang Priyatna, Deputi Bidang Administrasi Purwoto Ruslan Hidayat, beserta Pejabat Eselon II Setjen KPU RI, perwakilan partai politik, serta secara daring Bawaslu RI, DKPP, NGO, pegiat pemilu, KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota termasuk KPU Kabupaten Blitar. (mhm).

Follow by Email
YouTube
Instagram