December 7, 2022

Selamat dan Sukses Anggota KPU RI Periode 2022-2027

Jakarta, kpu.blitarkab.go.id – Tujuh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Periode 2022-2027 resmi bertugas, Selasa (12/4/2022). Sebelumnya ketujuh anggota yakni Hasyim Asy’ari, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz menjalani proses pelantikan yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 33P Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum.

“Bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur adil dan cermat demi suksesnya Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tegaknya Demokrasi dan Keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan,” ucap Joko Widodo yang diikuti oleh para anggota yang dilantik.

Usai pelantikan, Anggota KPU Periode 2022-2027 menerima ucapan selamat dari Presiden RI Joko Widodo,serta tamu yang hadir antara lain Ketua KPU RI Periode 2021-2022 Ilham Saputra, Sekjen KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno, Menkopolhukam Mahfud MD, Seskab Pramono Anung, Mendagri Tito Karnavian serta Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

“Tentu kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan kepada kami melalui serangkaian seleksi dan ujung sampai pelantikan ini. Tentu kami menyadari KPU 2022-2027 ini tidak sendirian karena kami akan melanjutkan program-program persiapan yang sudah dilakukan KPU periode 2017-2022. Oleh karena itu dalam situasi yang semakin mendekati tahapan pemilu, sebagaimana kita ketahui hari pemungutan suara pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024, dan rencananya tahapan akan dimulai pada 14 Juni 2022, sehingga sejak sekarang tinggal menghitung hari menuju dimulainya tahapan pemilu 2024. Oleh karena itu kami segera melakukan konsolidasi internal untuk mempelajari apa yang sudah dipersiapkan oleh KPU periode sebelumnya dan akan kami lakukan diskusi mendalam untuk segera melakukan RDP dengan DPR dan pemerintah”.

“Semoga dalam waktu dekat kita dapat menetapkan PKPU Tahapan Pemilu 2024 dalam rangka memastikan tahapan Pemilu 2024 akan berjalan sesuai rencana yang telah ditentukan”.

“Terakhir kami menyadari kami manusia biasa, tidak bisa bekerja sendiri kami mohon dukungan dan kami akan membangun kerja sama, kolaborasi dalam rangka untuk menjalankan mandat, tugas, amanah sebagai penyelenggara pemilu tahun 2024. Teriring doa kepada Tuhan yang Maha Kuasa kami mohon dia dukungan segenap warga bangsa Indonesia, dari Presiden, pemerintah DPR parpol, lembaga organisasi kemasyarakatan media, NGO, LSM agar pelaksanaan Pemilu 2024, Pemilihan 2024 dilaksanakan demokratis, transparanakuntabel, langsung, umum, bebas, jujur dan adil,” ujar  Hasyim Asy’ari. (humas kpu ri dianR/foto: dosen/ed diR)

Follow by Email
YouTube
Instagram